GARAGE SALE YUK!

GARAGE SALE YUK!

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dari Ali bin Abi Thalib r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Segeralah bersedekah, sesungguhnya musibah tidak dapat melintasi (mendahului) sedekah.”

 Ali berkata: “Pancinglah rezeki dengan sedekah.” “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (Muttafaq ‘Alaih dari Abu Hurairah)


After long hiatus akhirnya ngeblog lagi :”) #personalnote #justignoreplease
Saya pernah baca di salah satu website bahwa bersedekah itu memiliki sebutan lain dari Allah, yaitu qardhul hasan atau dalam bahasa indonesianya adalah “pinjaman yang baik“. Loh kok pinjaman? Bukannya kita kalo sedekah malah melepaskan atau merelakan harta atau barang yang kita punya untuk dinikmati oleh orang lain, dan ga akan balik lagi ke kita?

Well, Allah menjanjikan hal lain untuk kita yang bersedekah. Allah menjanjikan bahwa apabila kita bersedekah, Allah akan mengembalikan sedekah kita itu dalam bentuk sama ataupun lain, plus dilipatgandakan.

Lah, ga ikhlas banget kok sedekah sambil ngarep dikembaliin sih?

Allah selalu ingin hambanya berdoa dan berharap padanya. Karena toh, pada siapa lagi kita meminta. Apakah kita ingin sedekah tersebut menjadi tabungan kita di akhirat nanti, ataukah dengan bersedekah kita berharap doa kita akan lebih mudah terkabul, atau mungkin sekedar ingin terhindar dari musibah dan marabahaya. Allah lah yang memegang kuasa. Lagipula yang dilarang itu kan berharap pada manusia. Kepada Allah kita bisa bebas meminta apa saja. Asalkan kita selalu percaya dan yakin apabila hal tersebut akan dikabulkan oleh Allah. Karena Allah adalah sesuai prasangkan umatnya 😀

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” QS. Ath-Thalaq (65) : 2- 4

Dan dari hadist yang disertakan di awal, terdapat kalimat ‘musibah tidak dapat melintasi sedekah’. Ini merupakan hal yang saya yakini benar. Karena akan terasa deh. Saya sendiri mengalami ini sendiri. Dulu sebelum rajin sedekah, yang namanya barang ilang mulai dari HP sampai kamera, mobil kebaret terus, sakit yang sampai harus ke dokter lah, pokoknya adaaa aja kejadian yang bikin uang tuh harus keluar dari kantong pribadi. Alhamdulillah setelah rajin bersedekah, segala urusan mudah dan hamdalah terhindar dari musibah.

Kalau ada tiba-tiba mobil kebaret atau barang ilang, langsung saya istighfar dan sadar diri kalau ‘OH, saya lupa bersedekah’. Karena pada hakikatnya, di dalam uang kita masing-masing itu ada memang hak orang lain. Dan itu harus kita keluarkan. Tinggal pilih caranya, mau via sedekah atau via musibah. Simple aja gitu.

Nah, baru deh nih masuk nih ke inti cerita.

Jadi awalnya kita terinspirasi oleh salah satu akun instagram yang bikin acara garage sale untuk menggalang dana untuk kemudian disumbangkan. Lalu kita pikir what a great idea that is. Emang kita-kitanya juga lagi mikir gimanaah caranya ya ngumpulin duit tapi gapake duit (apasih gue ini maksudnya?). We’re just simply wants to do a different way of doing charity. Different disini bukan maksudnya kita mau sok unik atau sok-sokan trendsetter, engga. Maksudnya kita pengen orang lain juga tau kalo, ‘ok, beramal tuh gaselamanya loh pake uang. bisa pake resource dengan bentuk lain’. Dan kali ini kita memilih untuk mengumpulkan barang-barang bekas kita untuk diubah menjadi uang dan disumbangkan kepada pihak yang membutuhkan.

Nah, seperti biasa, tahapan kegiatan yang kita lakukan dimulai dari publikasi. Poster di atas merupakan sarana publikasi yang kita gunakan untuk pengumuman ke sosial media. Alhamdulillah tanggapan dan respon dari teman-teman yang mengetahui kegiatan kami ini begitu antusias. Kita menerima banyak sekali sumbangan yang kebanyakan terdiri dari pakaian yang masih layak pakai seperti baju, celana, rok, dress, kerudung, bahkan tas dan sepatu. Barang-barang yang disumbangkan pun ga sedikit yang bermerk (yang saya tau) mahal dan beberapa juga masih baru (tag harganya masih ada :”””D). Bahkan dari Kompas TV juga nyumbang banyaakk banget pakaian sisa garage sale-nya mereka. Hamdalah…

IMG-20160607-WA0006
Ngepaknya aja sampe bingung, banyak bangeeet ><

Tentunya setelah tahap publikasi dan pengumpulan, kita juga nyari-nyari tempat untuk jualannya nih. This part is crucial, mengingat kalau kita milih tempat yang salah bisa-bisa entah kita malah rugi dipalakin preman, gaada pembelinya, atau malah basah kena hujan. Setelah pencarian dan survey tempat yang potensial untuk garage sale ini, akhirnya kami memutuskan untuk menjual barang-barang sumbangan ini di GOR Bekasi saat berlangsung car free day di Jalan Ahmad Yani-nya, yaitu pada hari Minggu. Suer lah deg-degan banget menunggu hari H aseli… Takut-takut kegiatannya ga berlangsung lancar….

D-Day, bismillah…. Salah satu anggota tim kami bersiap dari pagi subuh untuk mengantarkan barang-barang dagangan ke GOR Bekasi. Waktu itu kita sewa Gobox untuk nganterin barang-barangnya. Meskipuunn jaraknya cuman 2 kilo, tapi kudu pagi-pagi banget karena lokasinya berebutan dan hoki-hokian. Dan pas sampe lokasi tempat jualannyaa….yaa salaaamm emang beneran dikasi cobaan deh. Macem-macem banget pokoknya halangan buat naro barang dagangan. Dari yang ga dapet tempat, mobil diusir-usir, sampe akhirnya luntang-lantung bawa tentengan berat buat cari spot kosong. Tapi alhamdulillah ya kalau mau berbuat baik itu pastii aja dibukakan jalan sama Allah SWT. Akhirnya disaat udah desperate banget, kita dapet juga tempat kosong dibawah pohon rindang pinggir kolam GOR. Tempatnya sejuk dan ga panas karena bener-bener ketutup sama pepohonan. Pokoknya super bersyukur banget deh. Disaat pencarian yang bener-bener gajelas itu, kita dibantu banget sama Pak Nanang driver Gobox yang bener-bener sabar dan setia nemenin kita. Dia gamarah sama sekali ditengah kegajelasan saat cari tempat jualan. Malahan dia yang nenangin dan ngajarin kita caranya jualan biar rame (dasar newbie wkwkwk).

bfd50c59-4920-48f5-a93e-8b30c3e5a6fa
Pak Nanang, driver terbaik of all time
Capture
Tuh kan gasampe 2 kilo

Daann akhirnya kita mulai jualan!! Modal suara cempreng, tenaga pas-pasan, semangat membara, dan tentunya barang dagangan yang bejibun, kita mulai garage sale-nya. Aseli ganyangka bakal rame banget yang beli, bener-bener kita sampe dikerubutin mbak-mbak sama ibu-ibu ampe bingung mau duduk dimana. Range harga barang-nya kita kasih mulai dari 5 ribu sampai puluhan ribu. Tentunya supaya semua barang bisa cepet berubah jadi uang, harganya tentu harus terjangkau dong yaa.

Suasana garage sale Jajan Pahala (eneng-eneng yang jualan juga geulis-geulis pisan euy ;D)

Hamdalah berjualan dari jam 7 pagi hingga jam 11 siang, kita bisa ngumpulin uang dengan jumlah Rp 2.725.000!! Kita juga dapet donasi dalam bentuk uang dengan total Rp 1.800.000. Sehingga total uang yang terkumpul dari acara kali ini adalah Rp 4.525.000. Alhamdulillaaaahhh…… Semoga bermanfaat bagi penerimanya yaaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *