Bagi Sembako Ramadhan

Bagi Sembako Ramadhan

Assalamualaikum wr wb

1435995565041
poster membawa berkah buatan Karina

Mengawali cerita kegiatan jajan pahala kali ini, saya akan membukanya dengan salah satu hadist rasul yang menjelaskan tentang kedermawanan Nabi Muhammad di bulan Ramadhan yang melebihi bulan-bulan lainnya.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6)

Nah, kita sebagai umat Islam dan umatnya Nabi Muhammad, tentunya akan sangat baik bila mengikuti segala tuntunannya, salah satunya adalah banyak bersedekah di bulan Ramadhan. Buat yang masih kurang yakin akan keutamaan beramal di bulan Ramadhan, ininih ada lagi hadist tentang ganjaran akan perbuatan baik yang kita lakukan di bulan Ramadhan.

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’”(HR. Muslim no.1151)

Dua hadist sudah cukup kan untuk menjelaskan kenapa beramal di bulan Ramadhan itu sangat penting?

Selain karena keutamaannya dalam agama, dengan bagi-bagi sembako di bulan Ramadhan ini juga kita tuh seakan-akan ikut berbagi kebahagiaan bersama orang-orang yang mungkin tidak seberuntung kita dan harus bekerja keras, berpanas-panasan, dan berpeluh di jalanan Kota Bandung tercinta ini. Yes, Bandung is not as cool as it used to be, especially south part of Bandung, which is just as hot as Jakarta these days. Yaa, gaada salahnya kan kalo kita bikin mereka tersenyum juga saat Idul Fitri menjelang, disaat semua orang berbahagia karena libur panjang, mudik, dan berkumpul bersama keluarga.

Yaudah deh, karena hal-hal di atas, makanya Jajan Pahala bikin acara bagi-bagi sembako untuk para pejuang jalanan di Bandung. Sebenernya kegiatan ini awalnya dilakukan oleh salah satu anggota jajan pahala dan teman-teman smanya dari tiga tahun yang lalu dan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya di bulan ramadhan. Biasanya juga bagi-baginya dilakukan di sekitar daerah Bekasi dan Jakarta. Supaya acaranya jadi lebih besar skalanya, makanya jadi digabungin aja deh sama Jajan Pahala yang emang pingin bikin kegiatan amal di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan.

Sebenernya sih perencanaan udah dari sebelum Ramadhan, tapi karena kebiasaan kesibukan yang melada (cailah), jadinya baru diseriusin perencanaannya di minggu-minggu terakhir bulan Juni. Sempet ngaret juga karena satu dan lain hal, tapi akhirnya kita bisa nentuin timeline yang paling yahud buat acara ini. Jadi kita mutusin kalo tanggal 4-8 Juli adalah waktu buat ngumpulin dana dari para dermawan yang pingin ikut menyumbang, tanggal 9 Juli adalah waktu untuk belanja dan ngepak-ngepakin sembakonya, terus tanggal 10 Julinya yang bertepatan dengan hari Jumat (udah tau dongg kelebihannya beramal di hari Jumat) kita mulai bagi-bagiin sembakonya keliling Bandung. Terus kemudian kita juga survey pasar dulu (literally survey ke pasar Balubur) biar bisa ngira-ngira satu paket sembakonya itu kira-kira butuh berapa duit.

Tentunya kalo mau bikin acara yang bagus dan niat kan harus didukung dengan marketing yang mumpuni dong. Awalnya sempet kebingungan soalnya anak Jajan Pahala gaada yang beres masalah bikin-bikin poster gini. Akhirnya ditemukan malaikat baik hati yang namanya Karina TI 2012 yang bersedia untuk bantuin bikin poster meskipun dia juga lagi sibuk kerja praktek. Muhuhu makasih banyak yaa Karina, posternya bagus bangeett, gatau deh kita jadinya apaan kalo gaada kamuuhhh :*

Abis poster udah fix, langsunglah kita beraksi jadi pengedar (pengedar poster loh) di berbagai media sosial. Dari Line, Path, Facebook, ampe Instagram yang banyak penjual peninggi pelangsing pun kita rambah. Kita juga ngejapriin ke segala macem grup line dan temen-temen yang deket dan udh tau Jajan Pahala. Pas awalnya kita bikin ini, kita pikir ya palingan temen-temen terdekat kita aja yang mau ikutan berpartisipasi. Atau juga temen-temen yang udah sering bantuin kegiatan Jajan Pahala. Target yaaa 10-20 orang lah.

Eeeeh gataunya Masya Allaaahhh, beneran asli banyaakkk bangeett yang ikutan nyumbang. Ga cuman nyumbang uang, tapi ada juga yang nyumbang tenaga, bensin, dan waktunya buat ikutan bagiin sembakonya ke seantero Bandung. Ternyata banyak juga temen-temen kita yang ngajakin keluarganya, ncang, ncing, enyak, babeh, uwa, juga temen-temennya yang lain buat ikutan. Bahkan sampe lewat tanggal 8 pun masih banyak yang transfer ke rekening jajan pahala. Masya Allah pokoknya takjub banget ngeliat kedermawanan teman-teman semua. Semoga dibalas dengan yang lebih-lebih lagi sama Allah SWT aminnn

Pas tanggal 8, kita ngecek saldo rekening jajan pahala, ternyata nominal untuk bagi-bagi sembakonya udah nyampe 15jutaan. Kaget, panik, bahagia, seneng, pokoknya campur aduk deh rasanya. Lah ngapa panik? Iya panik gimana cara belanjainnya duit segitu hahaha biasa udik kaga pernah belanja sembako ampe belas-belas juta begituhh. Karena takut ga keburu kalo ngepak dan belanjanya cuman sehari, yaitu tanggal 9 aja, ditambah lagi tanggal 9 itu malemnya adalah malam ganjil di 10 hari terakhir puasa dan dianjurkan buat beritikaf, akhirnya kita mutusin untuk belanja dengan nominal sumbangan yang ada, ditambah dengan sebagian saldo jajan pahala untuk mengantisipasi sumbangan yang nyusul-nyusul belakangan.

Buat beras, kita udah sepakat buat beli di Pasar Balubur aja karena murah, deket basecamp, udah gitu mas-masnya pun dengan senang hati ngebungkusin 220 plastik beras dengan isi 3 kilo setiap plastiknya. Awalnya kita udah ngebayangin aja tuh apa jadinya kalo itu beras kita yang bungkusin. Kerjaan sehari semalem banget pasti kaga kelar-kelar. Lalu setelah proses diskusi yang panjang, akhirnya kita mutusin buat belanja sembako yang lainnya di Lottemart Wholesale yang ada di jalan Sukarno Hatta Bandung. Sebelumnya kita nyoba ke Superindo Dago, tapi karena ketersediaan barang yang terbatas dan kayak ogah-ogahan gitu pas kita minta buat dianterin barangnya ke kosan Dhira (alias basecamp), yaudah akhirnya kita nekat ke Lotte yang jauh banget dari Dago. Sebenernya pas di Superindo itu kita udah minta tolong dikeluarin minyak 1 liter sebanyak 220 pouch. Pas liat bentukannya minyak-goreng-220-liter tuh sebanyak apa, panik dongg, mobil-yaris-yang-bagasi-belakangnya-awut-awutan yang dipake buat belanja bisa ambrol shockbreaker nya dimasukkin barang segitu banyak. Plus manusia 3. Yaude dah akhirnya langsung cabut sambil minta maap ke mas-mas yang udah kita repotin buat nyediain minyak sebanyak itu buat kita.

Ternyata ke Lotte Wholesale udah pilihan yang tepat banget (sumpah kita bukan promosi, kaga dibayar sepeser pun, dan bukan juga brand ambassador). Harganya ternyata lumayan jauh bedanya dari hasil survey harga di awal kita ke Pasar Balubur karena kita belinya partai besar, plusss bisa dianter ke Dago dengan biaya yang ga terlalu mahal. Mereka juga udah biasa kan nanganin orang-orang kulakan banyak gitu, jadi lancar lah pokoknya penanganan barang-barang sembakonya. Senangnyaaaa Ya Allah ada aja kemudahan disaat pandangan mata udah putus asa ngeliat akomodasi yang ada cuman citycar yang muat minyak aja kaga.

 berkardus-kardus sembako

Disana kita dapet minyak harga promo, kecap harga promo (ampe bela-belain semua bikin kartu lotte karena jatah promo per kartu terbatas+minta nomor kartu emak), plus bonus indomie goreng 100 biji. Iyak, bonusnya doang 100 bungkus. Hasil beli kecap 220 biji. Alhamdulillah. (Foto faktur belanja yang ada daftar harganya entah kamanaaa, ampuni tulung). Sayangnya kita gaberhasil mendapatkan gula 1 kg yang harganya sama atau lebih murah dari yang udah kita survey sebelumnya. Makanya kita mau nyari gulanya di tempat lain. Oiya karena udah kemaleman alias jam 10 dan supir lottenya udah pada pulang, jadinya sembakonya dikirimin besok paginya dan jam 10 diperkirakan udah nyampe di basecamp. Barangnya dijamin aman kata masnya kalo dititipin disitu ampe pagi. Baiknya :””)

Dari Lotte, sebenernya kita lanjut ke pasar yang buka malem-malem di andir. Tapi pencarian pada jam-jam bodoh ini (11 malam) menghasilkan kenihilan dan kelelahan saja nginjek becekan dan lumpur pasar. Jadi ini ga patut buat diceritain soalnya memalukan wkwkwk

Esok paginyaa, akibat kelelahan yang melanda hebat bekas belanja kemaren, wacana beli gula pagi-pagi sebelum sembako dari Lotte dateng pun hanya tinggal wacana. Padahal itu barang nyampenya juga 10 menit sebelum jam 11. Yaa masih jam 10an sihh… Abis barang semua diturunin dari mobil box, akhirnya kita bagi dua tim buat beli gula di Pasar Sederhana dan beli tas untuk naroh sembakonya di Cibadak. Akhirnya kita dapet juga gula dengan harga 12.500 di pasar tersebut. Sembari menunggu itu gula diplastik-plastikin, kita juga belanja lagi di Yogya deket PVJ untuk sumbangan-sumbangan yang menyusul belakangan yang ternyata lebih dari yang kita perkirakan.

Setelah semua barang terkumpul, kita kembali ke basecamp dan mulai ngepaket-paketin indomienya diselotipin per 5 bungkus. Mayan bokkk banyaaakk ternyata yee kaga kelar-kelar. Berasnya dateng belakangan nih karena gabisa sekali angkut sama mobilnya Aini jadi harus 2 kali ke pasar baluburnya buat ngambilin beras. Karena banyaknya barang yang harus dipaketin, kita manggil bala bantuan yang udah konfirm mau ikutan nyumbang tenaga buat ngepak dan nganter. Relawan bisa dibilang. Akhirnya semua beres dibungkusin jam 4an sore. Hamdalah masih sempat datang ke sidang salah satu tim jajanpahala yaitu rista dan bisa lanjut ibadah juga.

Oh iya, tidak lupa ini juga saya sertakan catatan pengeluaran buat kegiatan bagi-bagi sembako jajan pahala.

Beras PD. Fahmi Jaya
Beras 3kgx220 paket @Rp 10.500/kg Rp    6,930,000
Lotte Mart Whole Sale
Indomie goreng Rp    8,174,100
Indomie ayam spesial
Minyak Rosebrand
Kecap ABC 600ml
Teh Sariwangi
Biaya Kirim ke Kec. Coblong 95K+sedekah 35K Rp        130,000
Pasar Sederhana
Gula putih 1kgx200 paket @Rp 12.500/kg Rp    2,500,000
Yogja Junction
Indomie ayam bawang 60pcs @Rp 1.800 Rp        108,000
Sariwangi 20pcs @Rp 4.750 Rp          95,000
Kecap ABC 20pcs @Rp 18.100 Rp        318,000
Gula lokal 20pcs @12.475 Rp        249,500
Minyak Fortune 20pcs @12.000 Rp        240,000
Toko Samijaya Cibadak
Kantong goodybag 20 lusin @Rp 450.000 Rp        900,000
TOTAL PENGELUARAN Rp  19,644,600

D-Day!!!! Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu datang juga. Hari ini alias Hari Jumat tanggal 10 Juli kita udah siap buat keliling Kota Bandung, menjalankan amanah dari banyak orang buat ngebagiin sembako yang sudah kita persiapkan dengan maksimal. Alhamdulillah, ada 8 mobil dan 20 orang yang bersedia buat ngiderin Bandung dan ngasih-ngasihin sembakonya ke orang-orang yang membutuhkan. Karena ada 8 mobil, jadinya kita ngebagi-bagi area pembagiannya jadi 8 region. Ini juga dimaksudkan agar gaada kesalahan dalam pembagian dan pembagiannya jadi lebih merata.

20150709_161032
8 region kota Bandung

Tiap mobil diisi 2-3 orang. 1 orang jadi driver dong tentunya, yang lainnya bertugas untuk turun ngasihin sembakonya dan juga mendokumentasikan sebagian dari transaksi pembelian.

sebagian kecil momen-momen pemberian sembako

Banyaknya bantuan dan pertolongan yang diberikan demi berjalannya kegiatan ini bener-bener bikin speechless. Bahkan ada yang mau ngebagiin sampe cimahi demi ga salah sasaran pembagiannya.Dan hal yang bener-bener priceless adalah ketika kita ngeliat mereka senyum cerah banget sambil bilang ‘makasih’ atau ‘hatur nuhun’ padahal dalam pengintaian sebelum kita memberikan sembako untuk mereka, wajah mereka terlihat sangat letih dan lelah karena seharian di jalanan, mendorong gerobak, memohon sedekah dengan tubuh yang cacat dan anggota tubuh yang tak lagi lengkap, bergulat dengan sampah, memikul barang dagangan yang tak kunjung ada pembelinya, mengayuh becak walau sudah renta, atau mengais-ngais secercah rejeki dari tempat-tempat yang pembuangan orang lain.

Dan mata saya selalu berkaca-kaca setiap inget hari itu.

Wassalamualaikum Wr Wb

PS : Ramadhan selanjutnya yuk bikin lagi yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *